Tempat Berita Terbaru

Selasa, 06 Februari 2018

Solusi Beli Motor Bekas Dengan Harga Murah


Solusi Beli Motor Bekas Dengan Harga Murah
Sepeda motor menjadi kendaraan terbaik, terutama di daerah yang supermacet seperti Jakarta. Berkendara dengan sepeda motor terbukti sangat hemat waktu. Jadi wajar kalau penjualannya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Akan tetapi, harga jual sepeda motor baru masih tergolong cukup tinggi. Tidak perlu khawatir, Anda yang on budget juga bisa punya motor, tapi status motornya “bekas” ya.

Berikut ini adalah solusi bagi Anda yang ingin beli motor bekas bagus dengan harga murah.

1. Ketahui Jenis Motor

Motor bekas yang dijual di situs jual beli motor sangat beragam, mulai dari motor matik hingga motor manual. Keduanya memiliki harga yang berbeda-beda, bergantung tahun rilis dan kondisi dari motor itu sendiri.

Sebelum membeli motor bekas, ketahui lebih dulu motor seperti apa yang hendak dibeli. Apakah motor matik atau motor manual. Setelah itu, tentukan tipe motor apa yang diinginkan untuk memudahkan mendapatkan harga beli yang murah.

2. Cek Harga Pasaran

Sepeda motor yang dijual memiliki harga pasaran masing-masing. Namun, harga pasaran yang ditetapkan untuk satu unit sepeda motor dengan jenis yang sama biasanya tidak jauh berbeda. Alangkah baiknya jika Anda megecek harga pasaran motor melalui internet lebih dulu.

Kalau harga pasaran di internet sama persis dengan harga yang ditawarkan si penjual, Anda tidak perlu pikir panjang untuk membelinya.

Lain halnya jika harga yang ditetapkan si penjual terlalu mahal, Anda bisa beralih ke penjual lain yang menawarkan harga yang sama atau lebih murah dibandingkan harga pasaran.

3. Pilih Penjual Tepercaya

Tingkat keamanan membeli motor bekas jauh lebih rendah dibandingkan motor baru. Mengingat, kebanyakan motor bekas diperjualbelikan dari tangan ke tangan bukan melalui showroom resmi.

Berhati-hati dalam membeli motor itu perlu, apalagi kepada penjual yang sama sekali belum pernah Anda temui.

Untuk mengetahui apakah penjual terpercaya atau tidak, ajaklah si penjual untuk bertemu langsung. Kalau mau lebih aman, alangkah baiknya beli motor bekas di diler yang bonafid. Kalau Anda ingin beli motor bekas secara online, jajaki situs online tersebut dan lihat kredibilitas dari si penjual.

4. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Surat-surat kendaraan bermotor itu sangat penting untuk diperhatikan. Meskipun statusnya “motor bekas”, setidaknya memiliki STNK dan BPKB.

Penjual atau diler yang benar biasanya akan menunjukkan semua surat-surat kendaraan secara lengkap, termasuk faktur pembelian dari motor tersebut.

Penyertaan faktur pembelian menjadi bukti kalau motor tersebut pernah dibeli dalam kondisi baru. Anda pun tidak perlu khawatir terhadap performa dari motor tersebut.

Satu hal lagi, jangan lupa perhatikan surat pajak motor tersebut. Pastikan pemilik lama selalu bayar pajak tepat waktu agar pembayaran pajak di tahun berikutnya tidak membengkak.

5. Lakukan "Test Drive"

Melakukan test drive menjadi langkah penting sebelum membeli motor bekas. Gunanya untuk mengetahui performa dari motor itu sendiri sehingga tidak ada penyesalan setelah pembelian dilakukan.

Saat melakukan test drive, perhatikan bagaimana tarikan motor, kepakeman rem, dan suara dari mesin motor. Apabila mesinnya aman dan Anda suka dengan performa motor tersebut, langsung saja beli. Tidak usah pikir panjang lagi.

6. Pastikan Motor Tidak Pernah Mengalami Kecelakaan

Sebagai pengguna otomotif, Anda dapat mengetahui apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Caranya sangat mudah, cukup dengan mendirikan motor pada bidang yang datar, lalu lihat apakah posisi ban depan dan belakang sejajar.

Kalau posisi kedua bannya sejajar, berarti motor aman dari kasus kecelakaan. Sebaliknya, jika posisi kedua ban tidak sejajar, itu berarti motor tersebut sudah pernah jatuh.

Cara lain untuk mengetahui poin ini adalah dengan mengemudikan motor pada kecepatan 40 km/jam. Lalu, rem motor tersebut secara mendadak. Saat remnya berfungsi dengan baik dan motor dapat dikendalikan dengan mudah, berarti motor masih layak pakai.

Jika Anda kesulitan melakukan hal ini, dapat dipastikan motor sudah pernah mengalami kecelakaan dan ada yang tidak beres pada komponennya.

Perlu Ketelitian Tinggi saat Beli Motor Bekas

Membeli kendaraan bekas tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, terutama bagian mesinnya.

Perhatikan enam poin di atas untuk membantu saat membeli motor bekas. Jadilah pembeli yang bijak, yang benar-benar teliti saat membeli.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar